Sukhoi 35 Pilihan Utama TNI AU Gantikan F-5 Tiger

Sukhoi 35 Pilihan Utama TNI AU Gantikan F-5 Tiger

Sukhoi 35 Pilihan Utama  TNI AU Gantikan F-5 Tiger - Pesawat tempur F-5 Tiger milik TNI Angkatan Udara akan memasuki masa pensiun dan segera dikandangkan tahun ini. dan sebagai penggantinya TNI Angkatan Udara merekomendasikan sejumlah pesawat tempur canggih seperti pesawat tempur Sukhoi SU-35 buatan Rusia, F-16 Fighting Falcon di atas blok 24 buatan Amerika Serikat, F-15 Strike Eagle buatan Amerika Serikat, atau SAAB Gripen buatan Swedia.


Pilihan utama dari TNI AU untuk menggantikan F-5 Tiger adalah Sukhoi SU-35, disusul SAAB Gripen, dan terakhir adalah F-15 Strike Eagle. secara pribadi Panglima TNI Jenderal Moeldoko menginginkan Sukhoi SU-35 sebagai pengganti F-5 Tiger. Menurut dia, pesawat buatan Rusia itu punya efek gentar yang tinggi di kawasan Asia Tenggara dan Pasifik.

Sukhoi Su-35 (kode NATO: Flanker-E) adalah pesawat tempur multiperan, kelas berat, berjelajah panjang, dan bertempat duduk tunggal asal Rusia. Pesawat ini pengembangan dari Su-27, dan awalnya diberi nama Su-27M. 

Kemampuan Sukhoi Su-35 sudah diakui oleh dunia, ini terbukti dari pernyataan Kepala Air Combat Commad Amerika Serikat, Jenderal Hal Hornburg. yang mengatakan bahwa pesawat Rusia itu telah membuktikan lebih baik dalam manuver dan pendeteksian, sehingga memiliki kemampuan untuk menghantam sasaran lebih dulu. Kondisi ini menjadi “a wake-up call” bagi U.S. Air Force.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 10:03 AM and have