8 Helikopter Tempur AH-64 Apache akan Perkuat TNI AD

8 Helikopter Tempur AH-64 Apache akan Perkuat TNI AD

8 Helikopter Tempur AH-64 Apache akan Perkuat TNI AD - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Budiman mengatakan, TNI AD akan diperkuat dengan 8 helikopter tempur AH-64 Apache yang akan didatangkan secara bertahap mulai tahun 2015. "Secara bertahap helikopter tersebut akan kita datangkan mulai 2015 hingga 2017.


TNI AD tengah menyiapkan sejumlah titik untuk menjadi pangkalan senjata berawak ini. Salah satunya, menurut KSAD, adalah di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Kabupaten paling utara Provinsi Kaltim itu selain bakal menjadi pangkalan bagi helikopter-helikopter Apache juga akan menjadi pangkalan heli tempur Agusta dan berbagai jenis pesawat lain.

AH-64E memiliki mesin T700-GE-701D yang hemat bahan bakar dan lebih efisien sehingga dapat terbang lebih jauh, lebih lama, dan bisa membawa persenjataan lebih banyak.  Senjata utama Apache AH-64 adalah rudal AGM-114 Hellfire. Rudal ini dijuluki tank-killer atau penghancur tank, julukan yang didapatnya dari berbagai medan perang. Apache membawa 16 rudal Hellfire dibagi ke dalam 4 peluncur di sayapnya dengan jangkauan tembak hingga 12 km. 

Senjata lapis kedua dari Apache adalah roket Hydra 70 mm yang dibawa dalam sepasang peluncur roket isi 19 roket. Untuk pertahanan udara, helikopter ini dilengkapi rudal AIM-9 Sidewinder dan AIM-92 Stinger. Heli ini juga bisa mengangkut rudal anti radiasi AGM-122 untuk menghancurkan instalasi radar musuh.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by kampret, Published at 10:49 AM and have